Siapakah seorang manajer itu?

Posted by Seorang Blogger

Postingan artikel kali ini saya akan membahas Siapakah seorang manajer itu dan bagaimana peran seorang manajer itu. Pada postingan sebelumnya telah saya bahas mengenai Pengertian Organisasi dimana masih dalam ruang lingkup Ilmu Manajemen dan masih terkait dengan bahasan saya kali ini mengenai Siapakah seorang manajer itu.

Menurut buku yang pernah saya baca karangan Stephen P. Robbins dan Mary Coulter penjelasan mengenai seorang manajer itu sangat saderhana untuk dirumuskan. Para manajer adalah anggota Organisasi yang mengawasi dan mengarahkan pekerjaan anggota yang lain. Dulu sangat sederhana untuk membedakan antara manajer dan karyawan, sekarang tidak sesederhana itu lagi. Sifat organisasi dan pekerjaan yang telah berubah, dalam banyak organisasi, mengaburkan garis-garis perbedaan yang tegas antara manajer dengan karyawan. Banyak pekerjaan karyawan tradisional sekarang mencakup kegiatan-kegiatan manjerial, terutama dalam regu-regu. Misalnya anggota-anggota tim sering kali menyusun rencana-rencana, mengambil keputusan, dan memantau pekerjaan mereka sendiri. Dan sewaktu mereka yang disebut karyawan-karyawan operasi ini ikut memikul tanggung jawab yang secara tradisional dainggap milik manajemen, definisi yang digunakan dimasa lampau sudah tidak lagi cocok.

Jadi bagaimana kita mendefinisikan siapakah seorang manajer itu? Seorang manajer adalah seorang anggota organisasi yang memadukan dan mengkoordinasikan pekrjaan orang-orang lain. Itu berarti tanggung jawab langsung atas sebuah kelompok orang yang di sebuah departement. Tetapi ingatlah bahwa seorang manajer dapat mempunyai kewajiban-kewajiban lain yang tidak berkaitan dengan memadukan pekerjaan orang-orang lain.

Adakah cara tertentu untuk menggolongkan-golongkan para manajer dalam organisasi? pada postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai menggolongkan manajer dalam sebuah oragnisasi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment