Pengertian Organisasi

Posted by Seorang Blogger

Apa sih Organisasi Itu? Pengertian Organisasi yang saya dapat hasil dari Studi saya di Ilmu Manajemen, secara singkatnya adalah Peraturan Orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Para manajer bekerja dalam Organisasi-organisasi, seandainya tidak ada Organisasi, maka peran seorang manajer tidak dibutuhkan.

Perguruan tinggi atau tempat anda menuntut ilmu pengetahuan adalah sebuah Organisasi. Begitu juga perkumpulan Mahasiswa-mahasiswa, Departement-depatement Pemerintahan, Google Inc., Tim sepak Bola Persib Bandung, dan Rumah sakit. Ini semua merupakan Organisasi Karena semuanya memiliki tiga ciri umum, yaitu :
  1. Tujuan yang jelas
  2. Orang-orang
  3. Struktur yang disengaja
Tujuan Yang Jelas
Setiap Organisasi mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan ini biasanya diungkapkan dalam rangka sebuah sasaran atau serangkaian sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut .

Orang-orang
Untuk mencapai tujuan atau sasaran yang di ingin dicapai Oleh sebuah organisasi, maka dibutuhkan manusia-manusia. Satu orang yang bekerja sendirian bukanlah sebuah organisasi. Untuk menjalankan pekerjaan yang perlu agar Organisasi mencapai sasarannya dibutuhkanlah Orang-orang.

Struktur Yang Disengaja
Semua organisasi mengembangkan suatu struktur secara sengaja agar anggota-anggotanya dapat melaksanakan pekerjaan Mereka. Struktur itu dapat terbuka luwes/fleksibel tanpa batas-batas yang jelas dan tegas mengenai kewajiban-kewajiban jabatan atau ketaatan yang kaku pada setiap peraturan yang jelas. Dengan Kata lain, sutau jaringan kerja sederhana yang terdiri atas hubungan-hubungan kerja longgar, atau struktur tersebut dapat bersifat tradisional dengan peraturan-peraturan, kaidah-kaidah, dan Uraian jabatan secara jelas dan seksama.

Sekian gambaran pengertian Organisasi yang dijelaskan di Ilmu Manajemen, dan pada kesempatan mendatang saya akan menjelaskan Mengenai Karaktersitik Organisasi dan Suatu Organisasi telah Berubah.

Dikutip dari Buku : MANAGEMENT, (Stephen P. Robbins & Mary Coulter)

{ 1 comments... read them below or add one }

Hadhara said...

keren,,, bagi terus ilmu yang bermanfaat sobat..

Post a Comment