Definisi dan Pengertian Manajemen

Posted by Seorang Blogger

 Ilmu Manajemen  (update). Apakah manajemen Itu? Bagaimana Pegertian Manajemen? Definisi Manajemen menurut Saya? Kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Manajemen dan Definisi Manajemen menurut pandangan saya selama mengikuti Program Studi Ilmu Manajemen.

Istilah manajemen mengacu pada proses mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain. Mari kita sama-sama meninjau beberapa bagian spesifik dari Definisi Manajemen ini.

Proses menggambarkan fungsi-fungsi yang berjalan terus atau kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan oleh para manajer. Fungsi-fungsi ini lazimnya disebut merancang, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan. Saya menguraikan fungsi-fungsi serta proses manajemen ini dalam bagian berikut sewaktu kita lihat secara lebih dekat pada apa yang dilakukan para manajer.

Pada postingan artikel sebelumnya saya telah menggambarkan siapakah manajer-manajer itu bahwa mengkoordinasikan dan mengintegrasikan pekerjaan orang-orang lain itu merupakan hal yang membedakan sebuah posisi manajerial dari posisi non manajerial. Melalui manajemen (yakni melalui pengkoordinasian dan pengintegrasian pekerjaan orang-orang lain) kegiatan-kegiatan kerja organisasi itu diselesaikan secara efisien dan efektif, atau sekurang-kurangnya itulah apa yang didambakan oleh manajemen.

Efisiensi merupakan bagian penting manajemen. Efisiensi itu mengacu pada hubungan antara masukan dengan keluaran. Seandainya Anda mampu mendapatkan lebih banyak keluaran dari sejumlah tertentu masukan, Anda telah meningkatkan efisiensi. Sama halnya, Seandainya Anda dapat memperoleh keluaran yang samadari masukan yang lebih sedikit, anda pun telah meningkatkan efisiensi. Oleh karena itu manajemen menaruh perhatian untuk meminimalkan biaya sumberdaya. Dari sudut pandang ini, efisiensi seringkali dirujuk sebagai "melakukan segala sesuatu secara tepat"- artinya tidak memboroskan Sumber Daya.

Tidak cukup hanya efisien, manajemen pun menaruh perhatian pada penyelesaian kegiatan agar sasaran-sasaran organisasi tercapai, artinya manajemen menaruh perhatian pada efektivitas. Manakala para manajer mencapai sasaran Organisasi mereka, kita mengatakan mereka itu berhasil guna (efektif). Efektivitas itu sering kali dilukiskan sebagai "melakukan hal-hal yang tepat"-artinya, kegiatan kerja yang akan membantu Organisasi tersebut mencapai sasarannya. Sementara efiiensi itu lebih memperhatikan "sarana-sarana" melaksanakan segala sesuatunya.

Pada postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai Efesiensi dan Keefektifan dalam manajemen. Terima kasih telah membaca sampai selesai dan berikan saya komentar atas Tulisan Jurnal Studi Ilmu Manajemen ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment